Ratchanok Intanon: Target Saya Adalah Menjadi Ratu Bulu Tangkis Dunia

19 April 2016 Ratchanok Intanon: Target Saya Adalah Menjadi Ratu Bulu Tangkis Dunia

Ratchanok Intanon berhasil membuktikan bahwa percaturan bulu tangkis di sektor tunggal putri tidak hanya didominasi China maupun Spanyol. Pebulutangkis Thailand pun bisa menjadi ratu dan itu dibuktikannya setelah ia mampu menggeser posisi Carolina Marin di peringkat pertama dunia usai mengalahkan Sun Yu di final Singapura Terbuka 2016 melalui pertarungan sengit rubber gim 18-21, 21-11, dan 21-14. 

Ratchanok atau biasa dikenal dengan sapaan Nong Wei merupakan pebulutangkis wanita pertama di dunia yang mampu menyelesaikan hat-trick di turnamen super series di tahun ini. Adalah India Terbuka, Malaysia Terbuka, dan Singapura Terbuka 2016, yang berhasil dipersembahkannya dalam waktu singkat. 

"Hari ini saya hanya mencoba untuk bersantai. Target saya adalah menjadi ratu bulu tangkis dunia dan saya melihat ke depan untuk Olimpiade, karena saya ingin memenangkan medali emas untuk Thailand," ungkap Ratchanok, usai pertandingan dikutip dari Nation Multimedia, Minggu (17/4/2016). 

Keberhasilan Ratchanok di dunia bulu tangkis sebenarnya sudah diketahui legenda Indonesia, Susi Susanti. Mantan ratu tenis dunia itu pernah mengatakan bahwa pebulutangkis berusia 21 tahun itu merupakan pemain yang komplet, sehingga dalam waktu beberapa tahun ke depan, pemain Thailand itu sudah menjadi bintang besar.

Bukan tanpa alasan Susi melontarkan pernyataan itu. Sebab, dia pernah ditunjuk sebagai mentor alias guru Ratchanok. Sekarang pemain bermata sipit tersebut benar-benar menjelma bak seorang pebulutangkis handal dengan mengalahkan pemain top dunia di turnamen tahun ini. 

Ini bukan kali pertama Ratchanok membuat kejutan di cabang olahraga tepok bulu ini. Pada 2009 lalu, ia pernah menasbihkan namanya sebagai pemain termuda di Kejuaraan Dunia Junior BWF. Bahkan dia mampu mempertahankan gelar tersebut sebanyak tiga kali secara beruntun. 

Saat dia berusia 16 tahun, Ratchanok menerima penghargaan sebagai atlet wanita terbaik di Thailand. Melihat perjalanan singkatnya tersebut, maka tak heran jika ia dinobatkan sebagai ratu bulu tangkis dunia.

Sumber: sindonews. com