Tommy dan Jonatan ke Babak 2 Asia Badminton Championship, Ihsan Kalah Tipis dari Lin Dan

27 April 2016 Tommy dan Jonatan ke Babak 2 Asia Badminton Championship, Ihsan Kalah Tipis dari Lin Dan

Dua tunggal putra sudah aman ke babak dua Badminton Asia Championships 2016. Mereka adalah Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie. Di babak pertaman, Tommy sukses atasi pemain Kazakstan, Artur Niyazov dengan cukup mudah, 21-6 dan 21-7. Menyusul kemudian, Jonatan yang berhasil menghentikan langkah Zi Liang Derek Wong, Singapura. Jonatan menang dengan skor 24-22, 16-21 dan 21-18.

Namun, meski memetik kemenangan, Jonatan mengatakan tak puas dengan penampilannya. Ia tak bisa mengeluarkan semua kemampuannya, sehingga kerap tak siap di lapangan. Tak jarang Jonatan melakukan kesalahan sendiri yang menguntungkan lawan.

“Sejujurnya hari ini saya tampil dibawah performa banget. Semuanya lagi nggak enak. Mulai gerakan kaki, pukulan, semuanya nggak enak. Saya juga terus merasa dikejar lawan, padahal seharusnya tidak boleh seperti itu. Saya jadi berasa capek di lapangan. Apalagi shuttlecock juga berat, jadi butuh tenaga ekstra. Tapi untungnya saya bisa bangkit dan memenangkan pertandingan. Di babak berikutnya saya harus mengatasi hal ini,” jelas  Jonatan.

Sementara itu, nasib berbeda dialami oleh Ihsan Maulana Mustofa. Ihsan terpaksa kalah dari unggulan dua, Lin Dan, dari Tiongkok. Ihsan kalah rubber game 9-21, 21-14 dan 19-21.

“Salahnya di game pertama saya terlalu mudah buang poin. Jadi nggak sempat buat menguras tenaganya dia dulu. Tapi di game kedua saya yakin dengan permainan saya sendiri, sama sabar di lapangan,” kata Ihsan.

Masuk di game tiga, Ihsan terus tertinggal dari Lin Dan dengan 7-11 dan 9-16. Namun Ihsan sempat membuka peluang. Ia mencoba menyusul Lin Dan hingga posisi 18 sama. Ihsan bahkan sempat membuat Lin Dan serta pendukungnya di Wuhan Sports Center Gymnasium tegang, karena unggul tipis 19-18. Sayang di tiga poin berikutnya, Ihsan banyak melakukan bola ke arah kiri, yang menjadi kekuatan Lin Dan.

“Pas 19 sama saya banyak buang ke kiri. Jadi enak buat smashnya dia,” ungkap Ihsan.

“Saya harus meningkatkan stamina dan naikin daya tahan lagi,” tambah atlet besutan Djarum Kudus tersebut.

Ihsan dan Lin Dan sudah dua kali berhadapan sebelumnya. Di Hong Kong Open 2015 dan Singapore Open 2016, Ihsan belum bisa mengatasi kehebatan Lin Dan.

Indonesia masih punya satu wakil tunggal putra yang belum bertanding. Ada Anthony Sinisuka Ginting yang akan berhadapan dengan Wong Wing Ki Vincent, Hong Kong.



Sumber: badmintonindonesia. org