Tekuk Hong Kong, Indonesia ke Perempat Final Piala Uber

16 May 2016 Tekuk Hong Kong, Indonesia ke Perempat Final Piala Uber

Tim Uber Indonesia dipastikan melangkah ke babak perempat final Piala Uber 2016 setelah mengalahkan Hong Kong 3-2 di Kunshan Sport Center, China, Senin (16/5). Indonesia tinggal memperebutkan posisi juara Grup C dengan Thailand.

Indonesia tertinggal 0-1 di laga pertama setelah tunggal putri Maria Febe Kusumastuti kalah tiga gim dari Yip Pui Yin 19-21, 21-12, dan 18-21. Febe sebenarnya memberikan perlawanan ketat.

Sempat tertinggal 7-11 di gim pertama, ia mengejar 11-12 dan bahkan menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Febe hampir merebut gim pertama sebelum Yip menyalip 16-18 menjadi 19-19. Yip mengunci gim pertama 21-19. 

Febe yang mengandalkan permainan reli di gim kedua bermain tenang untuk menang mudah dengan skor 21-18. Febe sempat unggul 15-14 di gim ketiga, namun Yip kembali menyalip di angka 18-18 dan menyudahi perlawanan Febe dengan skor 21-19. 

Febe mengakui bahwa ia merasakan kelelahan jelang gim ketiga akan dimulai. "Di akhir gim kedua, tangan saya mulai gemetaran. Dalam tipe duel seperti ini, siapa yang bisa lebih menahan kelelahan, maka dia yang akan menang," ujar Febe.

Pada partai kedua, Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat pasangan Greysia Polii/Anggia Shitta Awanda yang menang mudah melawan pasangan Tse Ying Suet/Yuen Sin Ying. Greysia semula berpasangan dengan Nitya Krishinda yang absen dari Piala Uber karena cedera. Tapi kali ini ia dipasangkan dengan Anggia. 

Keputusan untuk menurunkan Greysia sendiri terbilang tepat. Pasangan ini menang cepat 21-10 di gim pertama, dan juga tanpa kesulitan menang 21-16 di gim kedua. 

Greysia mengatakan salah satu kunci kemenangannya adalah faktor mental seperti ketenangan dan kepercayaan diri. Ia juga mengungkapkan tak punya rahasia khusus menang di laga pertamanya bersama Anggia.

"Setiap pemain ganda harus siap untuk dipasangkan dengan siapapun di turnamen semacam Piala Uber. Tak ada persiapan khusus sebelum keberangkatan pasca kabar Nitya cedera. Namun dalam keseharian latihan, pemain ganda putri memang sering bermain dengan pemain yang berbeda," tuturnya.

Di partai ketiga, Indonesia menurunkan Fitriani untuk melawan Ngan Yi Cheung. Sempat ditekuk 16-21 di gim pertama, Fitriani menunjukkan kemampuan bertahan yang sempurma di gim selanjutnya. Ia pun sukses menang telak 21-12.

Di gim penentuan Fitirani kembali menunjukkan kengototan dan terjadi kejar-kejaran angka. Namun, Ngan Yi Cheung menguncinya di angka 16 dan memberikan poin kedua untuk Hong Kong. 

Dalam posisi terjepit 1-2, Indonesia mendapatkan poin kedua kembali lewat sektor ganda. Della Destiara/Rosyita Eka dan Tsz Yau Ng/Nga Ting Yeung menang mudah dua gim langsung 21-16 dan 21-8. 

Pada pertandingan penentuan, Hanna Ramadini memastikan langkah tim Uber putri Indonesia ke perempat final usai menaklukkan Ng Wing Yung dua set langsung 21-16 dan 21-11.

Mendominasi jalannya set pertama, Hanna sempat unggul cukup jauh pada kedudukan 14-9 sebelum akhirnya memastikan kemenangan pada set pertama 21-16.

Dominasi Hanna terhadap pebulutangkis Hongkong itu terus berlanjut pada set kedua. Melaju mulus dan sempat unggul 16-8, pebulutangkis tunggal putri Indonesia itu akhirnya berhasil memastikan kemenangan dengan kedudukan 21-11.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Thailand untuk memperebutkan posisi juara Grup C, Selasa (17/5).

Sumber: CNN Indonesia