All Indonesia Final di Ganda Putra, Australia Open 2016

11 June 2016 All Indonesia Final di Ganda Putra, Australia Open 2016

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan berhadapan di babak final Australian Open 2016. Dengan demikian, dipastikan satu gelar akan dibawa pulang ke Indonesia. 

 

Ini menjadi kali kedua bagi Angga/Ricky dan Kevin/Marcus bertemu di final turnamen level super series. Sebelumnya di India Open 2016, Kevin/Marcus lah yang berhasil menjadi juara.

 

“Pastinya kami ingin juara lagi, karena ada kesempatan. Apalagi lawan teman sendiri, jadi sudah sama-sama tahu,” ujar Kevin mengenai pertandingannya besok.

 

Di sisi lain, Angga/Ricky juga ingin membalas kekalahan mereka di India beberapa waktu lalu. Di India Open 2016, Angga/Ricky kalah 17-21 dan 13-21.

 

“Besok kurang lebih sama dengan hari ini, karena ketemu temen sendiri. Di final India kami kalah, jadi di sini kami ingin membalas kekalahan tersebut. Kami juga banyak mempelajari kekalahan saat itu,” ujar Ricky ditemui secara terpisah.

 

“Besok kami mau main maksimal. Di luar kami berteman, tapi di lapangan kami tetap ingin fight,” tambah Angga.

 

Sebelumnya di semifinal Angga/Ricky mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Berry Angriawan/Rian Agung Saputro. Ini merupakan pertemuan ketiga buat mereka. Di Thailand Open 2015, Angga/Ricky menangkan pertandingan, sedangkan di Kejuaraan Nasional 2015, balik Berry/Rian yang menjadi pemenang.

 

“Kami sudah mengetahui permainan mereka, karena sudah sering ketemu juga di latihan. Saya juga mempelajari kesalahan saat kalah di Kejuaraan Nasional 2015 kemarin,” kata Ricky.

 

Sementara Kevin/Marcus ke final usai mengalahkan pasangan Tiongkok, Liu Cheng/Zheng Siwei. Kevin/Marcus menang dua game langsung 21-17 dan 21-11.

 

“Hari ini saya pribadi mainnya cukup nyaman, bisa main tenang. Saya juga depannya tadi banyak nutup dan sabar. Biasanya kan pengen buru-buru matiin lawan,” kata Kevin.

Sumber: badmintonindonesia. org

Anthony Sinisuka Ginting Kalahkan Chen Long

10 June 2016 Anthony Sinisuka Ginting Kalahkan Chen Long

Para pemain muda Indonesia terus membuat kejutan di setiap turnamen. Setelah Jonatan Christie mampu mengalahkan peraih lima kali gelar juara dunia dan dua medali emas Olimpiade, Lin Dan, di Indonesia Open 2016, kini Anthony Sinisuka Ginting mengalahkan peringkat satu dunia dari Cina, Chen Long, di babak perempat final turnamen Australia Open Super Series 2016.

Ginting terlihat percaya diri dalam melakukan serangan-serangan ke daerah pertahanan Juara Dunia 2014 dan 2015 itu. Sedangkan, Chen Long malah beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, seperti pengembalian bola yang keluar lapangan.

Ginting unggul dari 6-2 dan 11-6 di paruh gim pertama. Ginting terus menekan dengan menempatkan bola-bola ke sudut pertahanan Chen Long dan menyerang saat lawan mengangkat bola. Strategi ini mampu menembus pertahanan Chen Long. Ginting memenangi gim pertama dengan 21-14.

Awal gim kedua, Ginting juga langsung memimpin perolehan angka dengan 4-0 dan 5-2. Namun, Chen Long mampu berbalik unggul dengan 5-6 dan 8-11 di paruh gim. Saat kedudukan 13-13, Ginting berbalik unggul menjadi 15-13. Keunggulan Ginting dipertahankan hingga memenangi pertandingan dengan 21-17.

Dengan kemenangan ini, pemain berperingkat 31 dunia ini berhasil lolos ke babak semifinal dan akan melawan pemain muda dari Korea Selatan, Jeon Hyeok-jin.

Sumber: republika. co.id