Daftar Pemain Unggulan Olimpiade Dirilis

22 July 2016 Daftar Pemain Unggulan Olimpiade Dirilis

Pemain Malaysia, Lee Chong Wei dan Spanyol, Carolina Marin masing-masing menjadi unggulan teratas di sektor tunggal putra dan tunggal putri pada Olimpiade 2016 di Rio.

Daftar unggulan ini berdasarkan peringkat dunia (per tanggal 21 Juli 2016) dan akan digunakan untuk pengundian Olimpiade pada Selasa, 26 Juli 2016.

Sektor tunggal memiliki 13 pemain unggulan. Lee yang merupakan runner up di dua Olimpiade terakhir dan pemenang dua gelar Super Series tahun ini, kemudian diikuti oleh juara dunia dua kali asal Tiongkok, Chen Long (2) dan dua kali juara Olimpiade Lin Dan (3) dari Tiongkok.

Unggulan tunggal putra lainnya adalah Viktor Axelsen (4) dan Jan Jorgensen (5) dari Denmark, Chou Tien Chen (6) dari Taiwan, pemain Indonesia Tommy Sugiarto (7), Son Wan Ho (8) dari Korea, Srikanth Kidambi (9) asal India, atlet Hong Kong Hu Yun (10) dan Ng Ka Long (11), Marc Zwiebler (12) dari Jerman dan pemain Inggris, Rajiv Ouseph (13).

Di tunggal putri, Marin yang menjadi juara dunia dua kali, memimpin daftar unggulan dan diikuti dua pemain Tiongkok, yaitu Wang Yihan (2) dan juara bertahan Olimpiade, Li Xuerui (3).

Selanjutnya di daftar unggulan tunggal putri ada pemain Thailand yang memiliki tiga gelar Super Series tahun ini, Ratchanok Intanon (4), pemain India Saina Nehwal (5), atlet Jepang Nozomi Okuhara (6), Sung Ji Hyun (7) dari Korea dan atlet Taiwan, Tai Tzu Ying (8). Unggulan yang tersisa adalah atlet India, PV Sindhu (9), Akane Yamaguchi (10) dari Jepang, pemain Inggris Kirsty Gilmour (11), Porntip Buranaprasetsuk (12) dari Thailand dan Bae Yeon Ju (13) dari Korea.

Sementara tunggal putri Indonesia, Linda Wenifanetri, tidak termasuk dalam daftar unggulan. Linda sendiri saat ini berada di peringkat 25 dunia.

 

Hanya ada empat unggulan di masing-masing sektor ganda

Juara BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dari Korea, memimpin unggulan di sektor ganda putra. Mereka diikuti oleh juara dunia asal Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (2). Sedangkan pemain Korea, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang dan wakil Tiongkok, Zhang Nan/Fu Haifeng, masing-masing menjadi unggulan 3 dan 4.

Pasangan ganda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, menunjukkan penampilan maksimal mereka dengan merebut tiga gelar Super Series tahun ini. Menjadi unggulan pertama, Misaki/Ayaka (1) kemudian disusul oleh wakil Tiongkok, Yu Yang/Tang Yuanting (2). Ganda Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (3) dan Korea, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan (4) juga mengamankan posisi di daftar unggulan.

Peraih medali emas Olimpiade 2012 di sektor ganda campuran, Zhang Nan/Zhao Yunlei (1), menjadi unggulan teratas. Mereka kemudian diikuti pasangan Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na (2), juara Singapura Open Super Series, sebagai unggulan kedua. Sementara juara Malaysia Open Super Series Premier 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan juara Jepang Open Super Series 2015 asal Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen masing-masing menjadi unggulan 3 dan 4.

Satu lagi pemain Indonesia yang mewakili sektor ganda campuran ialah Praveen Jordan/Debby Susanto. Praveen/Debby saat ini menjadi pemain rangking lima dunia.

Sektor tunggal putra akan terdiri dari 41 pemain, dan dibagi menjadi 13 grup. Di tunggal putri, sebanyak 40 pemain akan dibagi menjadi 13 grup. Masing-masing grup akan memiliki satu pemain unggulan. Sementara di sektor ganda dibagi menjadi empat grup yang terdiri dari empat pasang pemain; masing-masing grup akan diisi sepasang pemain unggulan.

Sumber: badmintonindonesia. org