Persiapan Akhir Pasukan Bulutangkis Sebelum ke Olimpiade

25 July 2016 Persiapan Akhir Pasukan Bulutangkis Sebelum ke Olimpiade

Tak ada ketegangan berarti di dalam hall latihan pelatnas bulutangkis. Para pemain yang akan menuju Olimpiade 2016 Rio de Janeiro asyik menjalani program latihan bersama pelatihnya masing-masing.

Tak banyak rutinitas yang berbeda di pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (22/7/2016). Para pemain memulai latihan sesuai jadwal masing-masing kategori.

Di nomor ganda campuran misalnya. Tontowi Ahmad berpasnagan dengan Gloria Emanuelle Widjaja menghadapi Richard Mainaky sang pelatih, yang berpasangan dengan Ronald Alexander. Sementara di lapangan lain, Liliyana Natsir bermain game dengan para pemain lain. 

Mendekati pukul 10.00 WIB, Liliyana mengubah menu latihan. Dia memainkan game 2-1. Berpasangan dengan Vita Marissa, Butet--sapaan karib Liliyana--men-drill bola-bola depan melawan Debby Susanto yang juga akan ke Olimpiade.

"Para pemain masih berlatih dalam intensitas tinggi. Melihat apa saja yang perlu dibenahi," kara Rexy Mainaky, ketua bidang pembinaan dan prestasi PP PBSI.

Bukan cuma soal teknik dan fisik yang digenjot, tapi mental para pemain juga tengah diasah. Psikolog dari Satuan Pelaksana (Satlak) Program Indonesia Emas (Prima) Rachman Widohardhono yang mendampingi para pemain sejak beberapa waktu lalu.

Usai latihan games itu, Tontowi, Liliyana, Richard, dan Rachman duduk lesehan dan berbincang.

"Pak Rachman hadir di waktu latihan sesuai permintaan pelatih. Perannya cukup bagus selama mendampingi Owi dan Butet. Bisa menembak tepat ke sasaran untuk membangkitkan motivasi pemain," kata Richard.

Nah, penurunan latihan akan dilakukan di Sao Paulo, Brasil. Bulutangkis akan terbang ke Sao Paulo bersama rombongan besar pada 27 Juli.

"Jadi pemilihan tanggal itu bukan soal tanggal bagus atau apa, he he he. Tapi dari perhitungan, itu durasi yang tepat untuk adaptasi, termasuk mengatasi jetlag. Diperhitungkan pada H-3 para pemain sudah ada dalam top performa," kata Rexy.

Hari ini, jadwal latihan pelatnas tak hanya pagi hari. Tapi, para pemain akan menjalani latihan sore. Tunggal putri malah sudah memulai latihan pukul 13.00 tadi. 

Sumber: detik. com