Tontowi Ahmad Dulu Tak Suka Bulutangkis

20 August 2016 Tontowi Ahmad Dulu Tak Suka Bulutangkis

Siapa yang menyangka pebulutangkis peraih emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi Ahmad, dahulu tak suka olahraga tepok bulu.

Pasangan Liliyana Natsir dalam nomor ganda campuran yang mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, ketika kecil lebih suka main kelereng ketimbang bulutangkis.

Baru ketika lulus sekolah menengah pertama, pria kelahiran Banyumas 29 tahun silam itu benar-benar serius menyukai bulutangkis. Sedari kecil ayahnya, Muhammad Husni Muzaitun, sudah menggembleng Tontowi.

“Namanya juga anak kecil. Dulu saya lebih suka main layangan dan gundu dengan teman-teman,” ungkap Tontowi kepada Tribunnews.com, Kamis (13/3/2014).

Usai lulus sekolah menengah pertama, pria yang akrab disapa Owi itu merantau ke Tangerang, Banten, untuk bergabung dengan PB Argo Pantes.

Darah bulutangkis Owi mengalir dari ayahnya yang akrab disapa Ahmad Husni. Dulu, sewaktu nyantri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Husni, jagonya bulutangkis.

"Dulu sewaktu di Gontor, enggak ada yang berani melawan nomor satu. Maaf, ini bukan takabur," Husni mengenang peristiwa di Gontor sambil tertawa kepada Tribunnews. com, Jumat (19/8/2016).

Husni, istrinya Masruroh, dua anak dan keponakan Owi, bersyukur usai menyaksikan langsung pasangan Owi/Butet meraih emas cabang bulutangkis nomor ganda campuran.

Ketika Owi/Butet bertanding, Husni dan keluarga menonton mereka dari layar televisi di rumah. Mereka sujud syukur usai kemenangan pasangan ini.

Saat lagu Indonesia Raya berkumandang menyusul peraihan medali emas Owi/Butet, Husni dan keluarganya memberikan hormat sambil menghadap televisi.

Tak sedikit teman-teman di Gontor angkatan 75 memberi ucapan selamat kepada Husni untuk kemenangan Owi/Butet. Sebelum pertandingan, muncul ajakan menonton Owi.

"Alumni di grup WhatsApp 75 banyak sekali memberi selamat. Muncul ajakan ayo para Gontoriyun mendukung Owi, meski bukan alumnus Gontor. Tapi ayahnya alumnus Gontor," beber Husni.

Sumber: tribunnews. com