Legenda Bulutangkis Icuk Sugiarto Bakal Jadi Kadisporabudpar Sukabumi

3 September 2016 Legenda Bulutangkis Icuk Sugiarto Bakal Jadi Kadisporabudpar Sukabumi

Nama Icuk Sugiarto, legenda bulu tangkis Indonesia tiba-tiba mencuat dalam peta rotasi pejabat teras di Lingkungan Pemkab Sukabumi. Dikabarkan sang juara dunia bulu tangkis tahun 1983 tersebut ditawari jabatan sebagai Kepala Dinas Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar).

Kabar ini pertamakali mencuat pada Selasa sore 30 Agustus ketika Icuk Sugiarto bersama dengan sejumlah atlet dan praktisi olah raga bulu tangkis, satu diantaranya Tommy Sugiarto yang tak lain putra sulung Icuk yang juga juara bulu tangkis Singapura Open tahun 2013, melakukan silaturahmi dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Gedung Negara Pendopo di Jalan Ahmad Yani, Sukabumi.

Dalam momen itulah, Marwan meminta Icuk untuk terlibat dalam pemerintahannya. Tidak tanggung-tanggung orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi tersebut menawarkan sebuah jabatan setingkat esselon II untuk kalangan PNS yakni sebagai Kepala Disporabudpar.Jabatan yang ditawarkan kepada sang juara bulu tangkis ini bukan tanpa alasan maupun dasar hukum yang kuat. 

Marwan menjelaskan sesuai Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014, pemerintah daerah bisa mengangkat pegawai pemerintah dari kalangan profesional di luar pegawai negeri sipil (PNS) dengan perjanjian kerja.

Alasan lainnya adalah minimnya figur di kalangan pejabat pemerintah daerah yang memahami bidang olah raga. Umumnya mereka hanya ahli dalam urusan administrasi. 

“Andai saja mas Icuk mau menerima tawaran ini, maka kami akan senang jika Diporsbudpar dipimpin langsung oleh seorang praktisi olah raga. Dari sisi aturan hal ini sangat memungkinkan sekali,” beber Marwan.  

Selanjutnya penawaran ini diberikan kepada sang juara bulu tangkis semata-mata untuk kemajuan olah raga di Kabupaten Sukabumi.
            
Gayung bersambut, paling tidak keinginan Marwan mendapat respon dari Icuk Sugiarto. Pria kelahiran Solo 4 Oktober 1962 ini menyatakan siap membantu pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi. 

Terlebih lagi sejak beberapa tahun terakhir ini Icuk Sugiarto beserta dengan dua orang anaknya yakni Tommy dan Juadha Fadilla telah resmi tercatat sebagai warga Kabupaten Sukabumi, tepatnya bermukim di Kecamatan Cisaat yang menjadi lokasi training camp  Bulu Tangkis.

"Saya akan mendukung keinginan pak bupati dalam memajukan sektor olah raga di Sukabumi. Tempat pelatihan yang sudah saya buka dapat sepenuhnya dimanfaatkan demi mengoptimalkan potensi atlet lokal,” terang Icuk.  

Sumber: sindonews. com