Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Taufik Hidayat, Susi Susanti, dll. Pembawa Obor Pembukaan PON XIX.20

17 September 2016 Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Taufik Hidayat, Susi Susanti, dll. Pembawa Obor Pembukaan PON XIX.20

Empat peraih medali emas Olimpiade, serta binaragawan Ade Rai, pembalap sepeda down hill Risa Suseanty dan petenis meja Anton Suseno akan mejadi pembawa obor dalam pembukaan PON XIX/2016 di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu, 17 September 2016. 

Dari proses gladi bersih upacara pembukaan PON XIX yang berlangsung di Stadion GBLA, Kamis, 15 September 2016 malam, Ade Rai memegang lentera api obor PON diiringi enam atlet lainnya. Ade Rai kemudian menyerahkan obor tersebut kepada seorang atlet cilik karate Lala Diah Pitalkoa yang berada di sisi panggung utama di Stadion GBLA untuk kemudian disulutkan ke kalderon.

Ketua Umum PB PON XIX yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan tema upacara pembukaan PON XIX ialah "Gurilaps" yakni sebuah suguhan kesenian yang menampilkan pagelaran musik, tarian yang dipadukan dengan tatanan panggung berteknologi tinggi. 

"Alhamdulilah luar biasa, semua tatanan cahaya, panggung, teknologi LED dan pengisi acaranya semuanya produk Jawa Barat, termasuk pembimbing dan kreator dari Jawa Barat. Tidak ada dari luar," katanya.

Dari hasil gladi bersih upacara pembukaan PON XIX di Stadion GBLA, acara tersebut akan dimulai dengan penampilan perkusi, ke Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Taufik Hidayat, dan Susi Susanti kemudian parade atlet legenda. Setelah itu, parade seluruh kontingen dari 34 provinsi, laporan Gubernur Ahmad Heryawan, pengibaran bendera PON, pembacaan janji atlet dan wasit, pertunjukkan Gurilaps, sambutan Presiden Joko Widodo sekaligus penekanan tombol sebagai simbol dimulainya PON XIX/2016 Jawa Barat.

Sumber: tempo. co

Foto: jpnn