Owi/Butet Akan Bacakan Teks Sumpah Pemuda di Istana Negara

25 October 2016 Owi/Butet Akan Bacakan Teks Sumpah Pemuda di Istana Negara

Peraih medali emas ganda campuran Olimpiade 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mendapat tugas khusus. Namun kali ini tidak berhubungan dengan olahraga, melainkan sebagai pembaca teks Sumpah Pemuda di Istana Negara, 28 Oktober mendatang.

Juru Bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) Gatot S Dewa Broto mengatakan penetapan tugas untuk Owi/Butet tertuang dalam surat yang dikirimkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala kepada Menpora Imam Nahrawi.

"Owi/Butet akan baca Sumpah Pemuda di Istana Negara yang akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Saya telah menghubungi Owi dan Butet yang saat ini tengah berada di Denmark usai tampil di Denmark Terbuka Superseries Premier 2016. Rencananya mereka beserta rombongan lain akan kembali ke Jakarta pada hari ini," ujarnya di Jakarta, Senin (24/10).

Menurutnya, pemilihan Owi/Butet ini merupakan kewenangan Presiden melalui Sekretaris Negara (Setneg). Rencananya sudah sejak dua pekan lalu dan pasangan bulutangkis terbaik ini mengaku siap dengan tugasnya.

Dikatakan, pemilihan atlet sebagai pembaca teks sumpah pemuda merupakan hal baru. Selain melambangkan Bhinneka Tunggal Ika, hal ini adalah momen terbaik di tengah naiknya prestasi keduanya di kancah internasional.

"Selain usianya masih terbilang muda, mereka juga jadi figur kebanggaan nasional yang menginspirasi pemuda lain. Pemuda masa kini yang perlu dicontoh," kata Gatot soal alasan di ballik pemilihan Tontowi dan Liliyana.

Akan ada dua acara digelar pada Perayaan Hari Sumpah Pemuda. Selain di Istana Negara, menurut Kepala Komunikasi Publik Kempora itu, pihaknya juga akan menggelar acara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 27 Oktober yang akan dipimpin langsung Menpora. Namun untuk Owi/Butet hanya ditugasi di Jakarta saja.

Sumber: beritasatu