Jadwal Final Belanda Terbuka 2017

15 October 2017 Jadwal Final Belanda Terbuka 2017

Laga all Indonesian final yang tersaji pada nomor ganda putri akan membuka rangkaian pertandingan final turnamen Belanda Terbuka yang berlangsung di Topsportcentrum, Almere, Minggu (15/10/2017).

Pada laga final tersebut, pasangan Anggia Shitta Awanda/ Ni Ketut Mahadewi Istarani akan menghadapi rekan senegara, Della Destiara Haris/ Rizki Amelia Pradipta. Perang saudara juga terjadi pada laga final tunggal putra. Pada nomor ini, Jepang berhasil meloloskan dua wakil yakni Yu Igarashi dan Kento Momota.

Dengan begitu, Indonesia dan Jepang dipastikan sama-sama akan pulang dengan membawa satu gelar juara Belanda Terbuka 2017. 

Sementara itu, lima negara lain yakni Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Taiwan, dan tuan rumah Belanda, berpeluang meraih satu titel dari Almere.

Berikut jadwal final Belanda Terbuka 2017 yang akan dimulai pada pukul 12.30 waktu setempat atau 17.30 WIB.

- Ganda putri
Anggia Shitta Awanda/ Ni Ketut Mahadewi Istarani (1/INA)
vs
Della Destiara Haris/ Rizki Amelia Pradipta

- Tunggal putra
Yu Igarashi (3/JPN)
vs
Kento Momota (JPN)

- Tunggal putri
Beiwen Zhang (1/USA)
vs
Michelle Li (6/CAN)

- Ganda campuran
Marcus Ellis/Lauren Smith (8/ENG)
vs
Jacco Arends/Selena Piek (6/NED)

- Ganda putra
Liao Min Chun/Cheng Heng Su (5/TPE)
vs
Takuto Inoue/Yuki Kaneko (2/JPN)

  • Sumber: Tournamentsoftware.com dilansir Juara.net

Tips dan Cara Memilih Raket Badminton

10 October 2017 Tips dan Cara Memilih Raket Badminton

Raket bulu tangkis secara tradisional dibuat dari kayu, kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket. Panjang raket 67,95 cm, kepala raket mempunyai panjang 29,21 cm, lebar 22,86 cm.

Bagi Anda yang akan membeli raket bulu tangkis, perhatikanlah tips memilih raket bulu tangkis / badminton berikut ini agar anda tidak salah dalam memilihnya. Berikut tipsnya untuk Anda :

1.   Gaya Permainan

Sebelum memilih raket badminton Anda perlu menentukan terlebih dahulu karakter permainan yang seperti apa yang biasa Anda gunakan. Dengan cara memilih raket yang tepat maka teknik dan kemampuan bermain Anda akan menjadi lebih maksimal. Ada raket yang dirancang khusus untuk tipe menyerang, tipe bertahan atau bisa juga gabungan dari keduanya.

Tipe permainan menyerang

Jika anda seorang pemain bulu tangkis yang memiliki gaya menyerang, sebaiknya anda memilih raket badminton yang tidak terlalu fleksibel dan mampu menyalurkan kekuatan pukulan anda, sehingga menghasilkan pukulan smash yang maksimal. Maka  pilihlah raket yang berbobot jenis 3U  – 2U, misalnya saja seperti raket Yonex Arcsaber 11 Taufik Hidayat.

Tipe permainan bertahan

Jika anda terbiasa dengan gaya bermain bertahan atau mengandalkan reli dan cenderung mengontrol permainan, sebaiknya pilih raket badminton dengan bobot yang tidak terlalu berat, pilihan terbaik adalah raket badminton jenis 4U – 3U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 270 – 285 cm.Dengan spesifikasi raket ini anda akan memiliki akurasi dan respon yang lebih cepat dalam menahan serangan lawan. Sebagai contohnya adalah Yonex VOLTRIC 80 Peter Gade.

Tipe permainan kombinasi bertahan dan menyerang

Untuk anda yang memiliki gaya permainan seimbang perpaduan antara bertahan dan menyerang, raket jenis 3U merupakan pilihan terbaik bagi anda. Raket badminton jenis ini memiliki tingkat fleksibilitas sedang. Misalnya saja seperti raket Yonex Carbonex 21, atau Carbonex 8000N.

2.   Spesifikasi Raket

Cermatilah beberapa hal tentang raket yang akan Anda pilih seperti, berat, titik keseimbangan, kelenturan/ kekakuan, bahan, frame, diameter pegangan dan mungkin juga merk raket.

Berat Raket Badminton / Bulu tangkis

Raket Badminton umumnya dibagi dalam beberapa ukuran berat yang ditandai dengan kode ‘U’, dimana semakin tinggi nilai ‘U’, maka semakin ringan raket tersebut, sebaliknya semakin rendah nilai ‘U’ raket akan semakin berat. Adapun 5 jenis ‘U’ pada berat raket badminton yaitu :
     U   =  95-99 gram
     2U =  90-94 gram
     3U =  85-89 gram
     4U =  80-84 gram
     5U =  75-79 gram
Raket yang memiliki ukuran berat atau raket power lebih tepat digunakan bagi mereka yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat. Raket jenis ini akan menambah momentum yang lebih saat anda mengayunkannya, sehingga akan menambah power khususnya saat digunakan untuk melakukan smash.
Masalah yang timbul kemudian adalah raket yang berat sulit untuk dikontrol. Jika tidak sabar dan tenang, serta tidak mampu mengontrol power dalam memukul, maka kemungkinan bola out akan sering terjadi. Ditambah lagi kesulitan dalam mengenggam raket yang lumayan berat.
Raket yang memiliki ukuran ringan lebih baik dalam mengkontrol bola, namun sulit untuk mendapatkan power. Anda harus bekerja ekstra keras untuk menciptakan momentum yang besar untuk menambah power.

Titik Keseimbangan Raket

Untuk melihat titik keseimbangan raket yang hendak dibeli adalah dengan cara menghadapkan jari telunjuk ke atas dan taruh batang raket di atas tangan anda. Geser batang raket sedikit demi sedikit sampai anda menemukan raket dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk anda lebih dekat denganframe / kepala raket maka ini adalah raket jenis power, namun jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka ini adalah raket jenis control.

Kelenturan / Kekakuan Batang Raket

Untuk mengetahui lentur atau kaku batang raket yang akan dibeli caranya adalah dengan memegang kepala raket dan pegangan raket, cobalah membengkokkannya dengan perlahan-lahan dan hati-hati saat anda sedang memilihnya. Selain itu Anda juga bisa melakukan twist atau puntiran. Hal ini dilakukan untuk menguji akurasi placing shutllecock, tentunya harus hati-hati dan penuh perasaan.
Beberapa hal dari raket badminton dengan batang fleksibel :
-       Memberikan Pantulan yang bagus saat diayunkan.
-       Raket tipe ini cocok bagi pemain yang mempunyai tipe stroke atau bertahan.
-       Raket ini sangat baik dalam mengantisipasi smash keras dari lawan.
-       Cocok untuk para pemula yang baru belajar bulu tangkis karena tidak membutuhkan banyak tenaga.
-       Kurangnya kecepatan dalam mengembalian bola. 
Sedangkan raket dengan batang kaku :
-       Pantulan yang kurang saat di ayunkan
-       Raket ini paling bagus untuk melakukan serangan cepat,
-       Kelemahan dari raket ini adalah anda membutuhkan ayunan yang kuat atau aksi yang cepat dari pergelangan tangan

Bentuk Frame / Kepala Raket

Frame atau kepala raket badminton memiliki 2 tipe frame yaitu tipe frame Konvensional (Berbentuk oval) dan tipe  frame isometric (Berbentuk mendekati persegi).  Frame Isometric memiliki spot-spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Dengan semikian, akan ada banyak kesempatan bagi pemain untuk menciptakan pukulan yang cantik dan unik. Sedangkan frame konvensionalmemiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang baik lebih sedikit dari pada yang ada pada frame isometric.

Bahan Raket

Pilihlah raket dengan bahan dasar yang berkualitas seperti carbon-fiber yang mempunyai karakter aerodinamik dan ringan, tetapi kuat dan tidak mudah berkarat. Raket ini sangat nyaman digunakan dan lebih tahan lama, sehingga bisa digunakan selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang berarti.

Diameter Gagang Raket - Handgrip

Pilihlah raket yang mempunyai diameter gagang (pegangan) yang sesuai dengan ukuran tangan Anda. Pertimbangkan juga jika Anda ingin menambahkan handgrip, karena pegangan akan bertambah besar. Dengan posisi pegangan yang mantap dan nyaman, maka anda bisa bermain bulu tangkis dengan lebih maksimal.
[Sumber: Kabarsport]

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Tekuni Olahraga Bulu Tangkis dari Sekarang

7 October 2017 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Tekuni Olahraga Bulu Tangkis dari Sekarang

Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Olahraga yang berkembang sejak 2000 tahun yang lalu di Mesir ini memiliki banyak penggemar. Mereka mencintai bulu tangkis dengan banyak alasan.

Banyak manfaat yang membuat mereka terus semangat untuk saling smash dan tangkis. Berikut 10 alasan kenapa kamu juga harus giat melakukan olahraga ini.  

1. Olahraga yang sangat menyenangkan, coba dulu deh kamu nanti bisa ketagihan! 

Duel saling smash dan tangkis mengejar angka sangatlah menyenangkan. Bermain bulu tangkis tidaklah
membosankan seperti yang sebagian orang pikirkan, olahraga ini sangat seru dan menantang!

2. Olahraga ini melatih strategi, kelincahan dan kecepatan.

Bulu tangkis adalah olahraga raket tercepat mengalahkan tennis. Tahun 2015 lalu, Lee chong Wei atlet asal Malaysia berhasil melakukan smash dengan kecepatan lebih dari 400 km per jam! Kamu juga jangan menganggap bulu tangkis hanya asal smash, olahraga ini penuh dengan strategi untuk membuat pergerakan palsu dan mematikan langkah lawan.

3. Selain itu, bulu tangkis juga menjaga tubuhmu selalu sehat dan bugar.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga ini terutama dalam segi kesehatan dan kebugaran. Penyakit jantung, darah tinggi, osteoporosis, kolesterol, diabetes hingga penyakit mental bisa dihindari dengan bermain bulu tangkis. 

4. Ditambah lagi, bulu tangkis akan melatih fokusmu.

Fokus kamu akan diasah dalam kondisi apapun, termasuk dalam kondisi lelah dan tertinggal. Kamu dituntut tetap fokus pada kok bulu tangkis sekaligus pergerakan posisi lawan.  

5. Reflek kamu juga akan lebih peka, otakmu semakin cepat memberikan respon terhadap sesuatu yang tak terduga.

Reflekmu akan terus diasah dengan giat bermain bulu tangkis. Mata, pergerakan tangan dan langkah
sepersekian detik bergerak mengikuti pergerakan kok. Otak kamu terbiasa memberikan sinyal lebih cepat untuk memerintah anggota tubuh. Ini sangat penting agar kamu selalu siap menghadapi kondisi tak terduga di berbagai situasi. 

6. Kamu akan bertemu dengan sekelompok pecinta bulu tangkis, mereka akan menjadi sahabat sekaligus musuh bebuyutan.

Biasanya terdapat komunitas bulu tangkis yang ada di daerahmu.  Kamu bisa bergabung dan bertemu dengan banyak orang baru dan bermain bersama. Sekelompok orang dengan hobi yang sama biasanya sangat akrab. 

7. Bulu tangkis adalah olahraga yang bisa dinikmati dengan biaya sedikit.

Kamu tidak perlu sampai menguras semua isi tabunganmu untuk bermain bulu tangkis. Olahraga ini bisa tetap dilakukan meskipun dengan modal minim. Kamu tinggal membeli raket dan kok.

8. Olahraga ini sangat menarik untuk ditonton.

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, terutama Asia. Olahraga ini begitu menarik untuk ditonton, apalagi ketika duel dua atlit dunia bertarung sengit.  

9. Bulu tangkis adalah cabang olahraga kebanggaan Indonesia.

Bulu tangkis adalah sekian dari beberapa olahraga yang menjadi kebanggan Indonesia. Bisa dibilang Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia untuk bidang olahraga ini. Sebut saja Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir adalah contoh nyata atlet Badminton asal Indonesia kelas dunia.

10. Dan yang paling penting, bulu tangkis mampu mengobarkan semangat hidup kamu.

Bulu tangkis mengajarkan kita untuk selalu berjuang, memiliki strategi sambil menyesuaikan dengan kondisi. Kecepatan dan ketepatan sangat diperhitungkan untuk kemenangan. Nilai dan semangat hidup ini bisa kamu bawa terus di luar lapangan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Gimana? Setelah baca ini kalian harus segera coba dan lebih giat melakukan olahraga bulu tangkis ya!

Sumber: IDN Times

Daihatsu Indonesia Masters Digelar Januari 2018

4 October 2017 Daihatsu Indonesia Masters Digelar Januari 2018

Dikenal sebagai spesialis produsen mobil kompak, Daihatsu berkomitmen untuk meningkatkan kehadirannya di pasar potensialnya di Jepang, Indonesia dan Malaysia melalui pengembangan olahraga bulutangkis.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, hari ini, Selasa, 3 Oktober 2017 bertempat di Hotel Kempinski, Jakarta, Daihatsu Motor Company, Ltd. dan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) menandatangani Perjanjian Kerjasama Sponsorship penyelenggaraan: DAIHATSU INDONESIA MASTERS 2018.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum PBSI, Wiranto dan Executive Officer Daihatsu Motor Company (DMC), Osamu Naruse, disaksikan oleh Sekretaris Jendral PBSI, Achmad Budiharto dan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra. Nampak hadir pengurus PBSI lainnya dan Manajemen Daihatsu, serta atlet bulutangkis nasional Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, dan Jonatan Christie.

Ketua Umum PBSI Wiranto mengapresiasi dukungan yang diberikan Daihatsu melalui sponsorship turnamen kelas dunia ini.

”PBSI mengucapkan terima kasih kepada Daihatsu yang bersedia menjadi sponsor utama Turnamen Badminton Indonesia Masters 2018. Kami berharap kemitraan ini dapat terus berjalan pada tahun-tahun mendatang. Semoga turnamen ini dapat berjalan dengan baik dan atlet bulutangkis Indonesia mampu berprestasi,” ucap Wiranto.

Sementara itu, Executive Officer DMC, Osamu Naruse dalam sambutannya mengatakan, bahwa di luar negeri, terutama di Asia seperti Cina, Jepang, Korea, Malaysia, bulutangkis merupakan olahraga populer.

Demikian pula di Indonesia, bulutangkis menjadi olahraga nasional. Daihatsu dalam konsep “Mono Zukuri” yang berarti ‘membuat produk’ di setiap negara, ingin berkontribusi bagi masyarakat sekitar dengan menjadi sponsor turnamen ini,” ujar Osamu Naruse.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menambahkan, sejalan dengan Program Principle Daihatsu, ADM juga mendukung olahraga bulutangkis di Indonesia melalui penyelenggaraan Daihatsu Astec Open sejak 2 tahun terakhir di tujuh kota di Indonesia.

DAIHATSU INDONESIA MASTERS 2018 tergolong turnamen level dua grade empat atau setara dengan level Super Series dalam rangkaian kategori turnamen Badminton World Federation (BWF), yang rencananya akan digelar pada 23-28 Januari 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

Sumber: Tribunnews