Undian Para Pemain Indonesia di Babak Pertama German Open 2018

21 February 2018 Undian Para Pemain Indonesia di Babak Pertama German Open 2018

Dua turnamen di Eropa akan menjadi target terdekat para pebulutangkis Indonesia. German Open 2018 BWF World Tour Super 300 akan dilangsungkan di Mulheim an der Ruhr, pada 6-11 Maret 2018. Meskipun turnamen ini ada di level super 300, namun banyak pemain-pemain top dunia yang ambil bagian, apalagi kejuaraan ini bisa dijadikan ajang pemanasan jelang All England 2018 yang bakal digelar pekan berikutnya di Birmingham.  

Indonesia mengirim beberapa pemain top ke turnamen German Open 2018, diantaranya Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan masih banyak lagi. Di tunggal putri, Fitriani menjadi satu-satunya wakil yang dikirim ke turnamen ini.

Namun hasil undian mengharuskan Fitri berjumpa dengan Sung Ji Hyun, unggulan kedua dari Korea. Berdasarkan data pertemuan sebelumnya, Fitriani tercatat belum pernah menang dari pemain rangking enam dunia ini.

Pertemuan pertemuan pertama terjadi di All England 2017, dimana Fitri dikalahkan dengan skor 18-21,12-21. Sedangkan di BCA Indonesia Open 2017, Fitri kembali takluk dengan skor 10-21, 10-21. Dari segi peringkat dunia, Fitri memang masih jauh di bawah Sung, kini Fitri menduduki peringkat 29 dunia.

“Persiapannya kurang lebih sama dengan persiapan ke turnamen lain. Banyak yang saya harus tingkatkan lagi, seperti kecepatan saya. Jelang dua turnamen Eropa, saya lebih maksimalkan latihan lagi,” kata Fitri kepada Badmintonindonesia.org.

“Pukulan-pukulan Sung cukup berbahaya, mainnya juga safe. Saya harus lebih berani bermain reli dan berani capek di lapangan karena pengembaliannya yang menyulitkan harus bisa saya atasi satu-satu dulu, harus sabar,” beber Fitri.

Membuka tahun 2018, grafik penampilan Fitri terus membaik. Di ajang Badminton Asia Team Championhsips 2018 (BATC), Fitri yang turun sebagai tunggal pertama, bermain habis-habisan demi merebut poin bagi tim putri Indonesia.

Fitri menjadi pembuka jalan bagi tim saat menumbangkan Tiongkok dengan skor 3-2. Kala itu Fitri menjegal langkah Chen Yufei yang menjadi andalan tim Tiongkok. Fitri juga memberi perlawanan sengit pada Pusarla V Sindhu (India) dan Akane Yamaguchi (Jepang).

“Banyak pengalaman yang saya dapat dari BATC kemarin. Misalnya mental, kesabaran, fokusnya lumayan tapi masih suka hilang, konsentrasi kurang konsisten. Saya senang bisa melawan pemain top dunia, jadi bisa mengukur seberapa kemampuan saya,” tutur Fitri.

Tim Indonesia yang akan berlaga di German Open 2018 akan bertolak ke Mulheim pada Sabtu, 3 Maret 2018. Setelah German Open 2018, tim akan langsung melanjutkan perjuangan di turnamen bergengsi yang sudah dinanti-nanti yaitu All England 2018.

 

Berikut hasil undian para pemain Indonesia di babak pertama German Open 2018 :

Tunggal Putra

Jonatan Christie (8/INA) vs Sai Praneeth (IND)

Anthony Sinisuka Ginting (5/INA) vs Qualification 3

 

Tunggal Putri

Fitriani (INA) vs Sung Ji Hyun (2/KOR)

 

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (7/INA) vs He Jiting/Tan Qiang (CHN)

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (INA) vs Marcus Ellis/Chris Langridge (ENG)

Angga Pratama/Rian Agung Saputro (INA) vs Chung Eui Seok/Kim Dukyoung (KOR)

 

Ganda Putri

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (INA/8) vs Anastasia Chervyakova/Olga Morozova (RUS)

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani (INA) vs Chloe Birch/Jessica Pugh (ENG)

 

Ganda Campuran

Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja (INA) vs Wang Chi Lin/Lee Chia Hsin (TPE)

 

Babak Kualifikasi Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (INA) vs Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen (DEN)

Dilansir : badmintonindonesia(dot)org