Undian Bulutangkis Asian Games Digelar H-2

9 July 2018 Undian Bulutangkis Asian Games Digelar H-2

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyebut pengundian peserta cabang bulu tangkis Asian Games 2018 pada H-2 atau 17 Agustus menyusul permintaan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk memastikan kehadiran para peserta di Jakarta.

"Semula, kami mengagendakan undian bulu tangkis bersama tujuh cabang lain pada 5 Juli. Tapi, OCA meminta undian pada H-2 untuk pertandingan tim," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PBSI Achmad Budiharto di sela penyelenggaraan turnamen Indonesia Terbuka 2018 di Jakarta, Minggu.

Budiharto mengatakan jadwal pengundian kejuaraan yang mendekati waktu penyelenggaraan pertandingan itu merupakan usaha OCA agar para peserta yang telah diundi benar-benar hadir dalam pertandingan Asian Games.

"Mereka khawatir, tim yang sudah diundi ternyata tidak hadir dalam pertandingan sehingga mengacaukan sistem pertandingan," katanya.

Sebanyak 16-19 negara Asia, lanjut Budi, telah memastikan turun dalam pertandingan cabang bulu tangkis Asian Games, terutama pada nomor pertandingan tim walaupun jumlah itu telah berkurang dari pendaftaran sebelumnya.

"Salah satu negara yang mengundurkan diri pada pertandingan tim adalah Malaysia. Mereka mundur pada nomor tim putri. Tapi, kami masih menunggu konfirmasi dari OCA," kata Budiharto tentang pengunduran diri tim putri Malaysia, baik pada nomor beregu ataupun individu.

Budiharto menjelaskan pengundian para peserta cabang bulu tangkis Asian Games 2018 akan merujuk pada peringkat yang ditetapkan Federasi Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia).

"Badminton Asia itu juga merujuk pada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Tapi, Badminton Asia hanya menghitung turnamen-turnamen yang ada di Asia sebagai tolak ukur menuju Asian Games," kata Budiharto.

Sebelumnya, Direktur Olahraga Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Wisnu Wardhana mengatakan pengundian peserta cabang olahraga bulu tangkis tidak berlangsung bersama pengundian tujuh cabang olahraga permainan lain menyusul permintaan khusus dari OCA.

Pada Kamis (5/7), OCA dan INASGOC menggelar undian pertandingan untuk tujuh cabang permainan Asian Games yaitu rugby 7's, bola tangan, sepak takraw, bola voli, polo air, bola basket, dan sepak bola.

Dilansir : wartaekonomi.co.id