Presiden Jokowi Rayakan 2 Gelar Juara Indonesia Master 2023

30 January 2023 Presiden Jokowi Rayakan 2 Gelar Juara Indonesia Master 2023

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merayakan dua gelar juara Indonesia Masters 2023 yang berhasil diraih oleh para wakil tuan rumah selepas rangkaian partai final di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu 29 Januari 2023.

Jonatan Christie berhasil menyabet juara nomor tunggal putra seusai memenangi partai All-Indonesian Final melawan juniornya, Chico Aura Dwi Wardoyo, dua gim langsung 21-15, 21-13.

Prestasi Jonatan disusul oleh pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menyumbang gelar kedua Indonesia Masters lewat kemenangan di laga final nomor ganda putra selepas menumbangkan wakil China He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-17, 21-16.

Dalam akun twitternya pada Minggu malam, Presiden mengucapkan selamat bukan hanya kepada Jonatan atas gelar juara tersebut tetapi juga kepada Chico yang tampil dalam All-Indonesian Final tunggal putra Indonesia Masters.

“Jonatan Christie keluar sebagai juara tunggal putra pada kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2023 dalam final sesama Indonesia melawan Chico Aura Dwi Wardoyo di Istora Senayan, hari ini. Selamat untuk Jonatan. Selamat juga untuk Chico,” cuitan Jokowi.

Kepala Negara juga mencuitkan ucapan selamat kepada pasangan Leo/Daniel yang akrab disapa The Babies.

“Indonesia berjaya di ganda putra kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tampil sebagai juara dengan mengalahkan He Ji Ting/Zhou Ho Dong dari Tiongkok dalam final di Istora Senayan, hari ini. Selamat untuk Leo dan Daniel,” cuit Jokowi.

Bagi Jojo, sapaan akrab Jonatan, gelar di Indonesia Masters 2023 adalah titel pertamanya di turnamen bulu tangkis level BWF Super 500.

Kemenangan Jojo atas Chico juga menjadi kali kedua pebulu tangkis kelahiran 15 September 1997 itu merasakan momen kesuksesan di Istora GBK selepas menyabet medali emas Asian Games 2018 silam.

Sementara bagi The Babies, gelar Indonesia Masters 2023 merupakan titel kedua mereka di level BWF Super 500 setelah pasangan peringkat ke-17 itu juga sempat menjuarai Singapore Open 2022.

#rivaisport #bulutangkis #badminton

Dikutip: viva.co.id

All Indonesia Final Tersaji di Istora Setelah 15 Tahun Menunggu!

28 January 2023 All Indonesia Final Tersaji di Istora Setelah 15 Tahun Menunggu!

Duel Merah-Putih antara Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo dipastikan tercipta dalam final Indonesia Masters 2023.

Kepastian itu didapat selepas Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil menumbangkan lawan-lawannya di semifinal Indonesia Masters 2023.

Adapun babak semifinal Indonesia Masters 2023 diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (28/1/2023).

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, bertanding lebih dulu. Dia melakoni pertandingan melawan wakil China, Shi Yu Qi.

Jonatan Christie harus bersusah payah untuk menang atas Shi Yu Qi seusai melewati drama tiga gim via skor 21-13, 15-21, dan 21-19.

Setelah Jonatan Christie, giliran Chico Aura Dwi Wardoyo yang unjuk gigi. Ia dihadapkan dengan utusan Hong Kong, NG Ka Long Angus.

Laga yang mempertemukan Chico vs NG Ka Long Angus berjalan sengit. Sebab, dua kali drama deuce terjadi pada gim kedua dan ketiga.

Meski demikian, Chico akhirnya dapat menuntaskan pertandingan kontra NG Ka Long Angus dengan kemenangan via skor 17-21, 27-25, 22-20.

Dengan kemenangan dua wakil Merah-Putih di semifinal, maka “all Indonesian final” dipastikan tercipta di Indonesia Masters 2023.

Situasi itu membuat sejarah tercipta. Ya, “all Indonesian final” dari sektor tunggal putra akhirnya kembali muncul di Istora Senayan sejak terakhir kali terjadi pada 15 tahun lalu.

Kali terakhir “all Indonesian final” terjadi di Istora Senayan adalah dalam ajang Indonesia Open 2008. Saat itu, Sony Dwi Kuncoro berhasil mengalahkan Simon Santoso.

Sementara itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga sukses melangkahkan kaki ke final Indonesia Masters 2023.

Leo/Daniel menyegel tiket ke partai puncak Indonesia Masters 2023 seusai mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, melalui permainan tiga gim dengan skor 18-21, 21-17, dan 21-3.

#rivaisport #badminton #bulutangkis #jonatanchristie
#chicoauradwiwardoyo

Dikutip: Kompas.com

Daftar 3 Wakil Indonesia di Semifinal Indonesia Masters 2023

27 January 2023 Daftar 3 Wakil Indonesia di Semifinal Indonesia Masters 2023

Indonesia meloloskan tiga wakil ke babak semifinal Indonesia Masters 2023. Berikut daftar wakil Indonesia yang lolos ke babak selanjutnya.

Indonesia sebenarnya bisa mengirimkan sembilan wakil ke babak perempat final. Namun dari sembilan wakil itu hanya tiga yang mampu melewati adangan lawan masing-masing di babak delapan besar.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi wakil pertama Indonesia yang melangkah ke semifinal Indonesia Masters 2023. Leo/Daniel berhasil melewati adangan ganda asal Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi.

Leo/Daniel tampil luar biasa menghadapi Keiichiro/Yoshinori. Leo/Daniel menunjukkan penampilan dominan sepanjang dua gim untuk meraih kemenangan 21-13 dan 21-11.

Keberhasilan Leo/Daniel diikuti oleh Jonatan Christie di sektor tunggal putra. Jojo, sapaan akrabnya, harus melalui pertarungan sampai satu jam untuk lebih dekat menuju gelar di rumah sendiri.

Jonatan harus melalui pertandingan 1 jam dan 1 menit untuk bisa mengalahkan Lakshya Sen (India) lewat rubber game 15-21, 21-10 dan 21-13 di perempat final Indonesia Masters 2023. Di semifinal Jonatan akan berhadapan dengan Shi Yuqi dari China.

Tunggal putra kembali meloloskan satu wakilnya ke semifinal. Chico Aura Dwi Wardoyo mengikuti jejak Jonatan melaju ke fase selanjutnya.

Chico lolos ke semifinal Indonesia Masters 2023 setelah mengalahkan Brian Yang lewat permainan dua gim 21-16, 21-15.

Perjuangan tiga wakil Indonesia itu akan berlanjut di babak semifinal yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (28/1).

Daftar Wakil Indonesia di Semifinal Indonesia Masters 2023

Tunggal putra
Jonatan Christie
Chico Aura Dwi Wardoyo

Ganda putra
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

#rivaisport #indonesiamaster2023 #jonatanchristie #chicoauradwiwardoyo #leorollycarnando #danielmarthin

Dikutip: CNN Indonesia

Menang Mudah di Babak Pertama Indonesia Masters 2023, Apriyani/Fadia Minta Doa untuk Bisa Juara

25 January 2023 Menang Mudah di Babak Pertama Indonesia Masters 2023, Apriyani/Fadia Minta Doa untuk Bisa Juara

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menang mudah di babak pertama Indonesia Masters 2023. Apri/Fadia minta doa agar bisa menjadi juara setelah edisi sebelumnya cuma menjadi runner-up.

Di babak awal Apri/Fadia mengalahkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun dalam pertandingan yang berlangsung di Istora, Senayan, Rabu (25/1/2023). Apri/Fadia menang dua gim langsung dengan skor 21-14, 21-9 dalam waktu 34 menit.

Dalam pertandingan tersebut Apri/Fadia memang di atas angin. Chang Ching Hui/Yang Ching Tun tidak bisa mengimbangi permainan cepat Apri/Fadia.

"Ya alhamdulillah kami hari ini bisa memenangkan pertandingan dan juga kami kan baru pertama lawan mereka. Kami juga masih mencari-cari permainan soalnya kan ada angin dari lapangan sebelah sana, sebelah sini jadi kita coba lapangan tadi alhamdulillah kami bisa melewatkannya," kata Apriyani usai pertandingan.

"Tadi lebih banyak mengontrol bola sama angin karena dari kemarin sudah terlihat pas latihan tapi kan ketika pertandingan beda lagi jadi lebih fokus saja," sambung Fadia.

Sekedar mengingat di Indonesia Master edisi sebelumnya, pasangan Apri/Fadia harus puas sebagai runner-up. Ketika itu mereka kalah dari pasangan China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 18-21 dan 12-21.

Untuk kali ini, Apri berambisi menjadi juara di rumah sendiri. Namun, ia mengaku hanya fokus melalui setiap pertandingan yang akan dilaluinya.

"Kami pasti mau juara, setidaknya kami mau fokus per match. Hasil kemarin itu jadi motivasi kami lagi, kami dari nol jadi hanya doa yang saya minta dari semua untuk kita bisa juara Indonesia Masters 2023 di rumah kita," tutupnya.

Berikutnya, Apri/Fadia akan kembali menghadapi wakil Taiwan di babak 16 besar yaitu Hu Ling Fang/Lin Xao Min.

#rivaisport #indonesiamaster2023 #apriyanirahayu #sitifadiasilvaramadhanti

Dikutip: suara.com

Indonesia Masters 2023 libatkan Polda guna perketat penyajian makanan

23 January 2023 Indonesia Masters 2023 libatkan Polda guna perketat penyajian makanan

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Muhammad Fadil Imran mengatakan Polda Metro Jaya terlibat dalam memastikan keamanan makanan untuk peserta BWF World Tour Super 500 Indonesia Masters 2023.

Makanan yang tersaji untuk pebulu tangkis, kata Fadil Imran, akan melalui test food dan security food alias pengecekan. Proses memperketat penyajian makanan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Indonesia Maters tahun lalu.

"Tradisi makan para pebulu tangkis ini berbeda-beda. Cara yang kami laksanakan adalah memperketat penjagaan supaya atlet dari luar ini makan makanan yang disediakan hotel," kata Fadil Imran dalam konferensi di Istora GBK, Senin.

"Kami sudah rapat sesuai dengan evaluasi tahun lalu, ada atlet Malaysia yang mengatakan keracunan makanan. Pihak hotel pun sudah perketat. Saya juga meminta bantuan Polda untuk ada test food dan security food," ujarnya menambahkan.

Pria yang juga menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya itu juga mengimbau kepada seluruh peserta yang turun di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, mulai Selasa (24/1) hingga Minggu (29/1), untuk disiplin dalam mengonsumsi makanan.

"Semoga atlet juga disiplin dan tak keluar. Jangan memesan makanan melalui aplikasi online. Itu jalan yang berbahaya buat atlet," kata Fadil.

Dalam kesempatan ini, Fadil juga memastikan gelaran Indonesia Masters 2023 bakal berlangsung meriah karena 269 pebulu tangkis dari 22 negara bakal bersaing memperebutkan total hadiah 420 ribu dolar AS (sekitar Rp6,2 miliar) tersebut.

Tuan rumah menurunkan 51 atlet mulai dari atlet pelatnas Cipayung hingga perwakilan klub. "Walau ajang ini menjadi turnamen ketiga dalam tiga pekan beruntun setelah Malaysia Open dan India Open, melihat pebulu tangkis yang datang saya kira akan sangat ketat dan seru, serta tidak mudah bagi siapa pun," pungkas Fadil.

#rivaisport #indonesiamaster2023 #ngistora #eaaforindonesia

Dikutip: Antaranews