Kevin Sanjaya dan Herry IP Berdamai, Badminton Lovers Bisa Bernapas Lega

30 September 2022 Kevin Sanjaya dan Herry IP Berdamai, Badminton Lovers Bisa Bernapas Lega

Pebulu tangkis spesialis ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan pelatihnya, Herry Iman Pierngadi atau Herry IP, akhirnya menyelesaikan perseteruan mereka dengan cara damai.

Kepastian tersebut disampaikan kedua belah pihak dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (30/9/2022) siang WIB. 

"Saya sama Kevin sudah lama (bekerja sama) dan saya anggap dia sebagai anak. Memang kalau saya ada salah, saya mohon maaf kepada Kevin. Kemarin kami sudah bertemu, dengan semua ganda putra, sudah clear," ujar Herry IP, Jumat, dikutip dari Kompas.com. 

"Kalau memang ada kata-kata saya saat wawancara dengan wartawan membuat Kevin tidak nyaman, saya sudah minta maaf dan Kevin sudah terima. Tadi pagi kami sudah latihan sama-sama."

"Masalah ini menurut saya sudah clear dan tadi sudah dijelaskan oleh Pak Agung memang tidak ada masalah. Gesekan-gesekan itu sepertinya biasa," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kevin. Pasangan Marcus Fernaldi Gideon itu mengatakan sudah bertemu dengan Herry IP untuk menyelesaikan masalah secara damai.

"Mohon maaf atas apa yang sudah terjadi. Kami sudah ngobrol, sudah bertemu satu sama lain untuk menyelesaikan masalah ini," kata Kevin. 

"Saya juga mau minta maaf kalau saya ada salah dan lain sebagainya," ucap Kevin melanjutkan. 

#rivaisport #bulutangkis #badminton #kevinsanjayasukamuljo #heriip

Dikutip: kompas.com

Apriyani/Fadia Naik Peringkat Jelang Denmark Open 2022

29 September 2022 Apriyani/Fadia Naik Peringkat Jelang Denmark Open 2022

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, naik peringkat pada ranking BWF terbaru menjelang turnamen Denmark Open 2022.

Posisi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam ranking BWF terus mengalami peningkatan.

Pekan lalu, Apriyani/Fadia menempati peringkat ke-28 berdasarkan update ranking BWF per 20 September 2022.

Naik ke peringkat ke-28 merupakan peningkatan yang cukup signifikan bagi Apriyani/Fadia.

Sebab, pasangan ganda putri peraih medali emas SEA Games 2021 itu sebelumnya menghuni peringkat ke-31.

Kini, dalam ranking BWF terbaru, Apriyani/Fadia kembali mengalami peningkatan.

Saat ini, Apriyani/Fadia menduduki peringkat ke-26 atau naik dua setrip dari posisi pekan lalu.

Lesatan Apriyani/Fadia pada ranking BWF tersebut tidak lepas dari penampilan apik mereka sepanjang tahun ini.

Tahun ini, duet ganda putri yang kerap dipanggil PriFad tersebut sudah mengoleksi tiga gelar.

Ketiga gelar yang sudah diraih Apriyani/Fadia tersebut adalah medali emas SEA Games 2021 dan dua titel BWF World Tour yakni Malaysia Open dan Singapura Open 2022.

Terdekat, Apriyani/Fadia bakal berlaga pada ajang Denmark Open 2022.

Denmark Open 2022 yang merupakan turnamen bulu tangkis kategori BWF World Tour Super 750 akan digelar di Odense, Denmark, pada 18-23 Oktober mendatang.

#rivaisport #bulutangkis #badminton #apriyanirahayu #sitifadiasilvaramadhanti

Dikutip: kompas.com

Pesan Menpora ke PBSI untuk Atasi Polemik Kevin Sanjaya-Harry Ip

28 September 2022 Pesan Menpora ke PBSI untuk Atasi Polemik Kevin Sanjaya-Harry Ip

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meyakini Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mempunyai solusi untuk menyelesaikan kisruh antara pemain ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pelatihnya Herry Iman Pierngadi.

"Saya pesankan ini menjadi urusan federasi PBSI. Saya yakin bahwa PBSI bisa mencarikan jalan keluar," ujar Amali saat ditemui seusai pelepasan Timnas amputasi Indonesia ke Piala Dunia Amputasi 2022 di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Selasa 27 September 2022.

Menpora Amali melihat kisruh antara pemain dan pelatih hal yang biasa terjadi, bahkan pada cabang olahraga lain. Meski begitu, bila dibutuhkan bantuan pemerintah untuk menjembatani masalah tersebut, Menpora siap turun tangan.

"Saya masih menyerahkan kepada federasi, kalau federasi bilang minta tolong supaya pemerintah ikut ini tentu kita ajak ngomong," kata Amali.

"Tetapi kalau enggak, selama masih bisa diatasi oleh federasi tentu kita persilakan federasi untuk cari jalan keluar supaya ini bisa akur kembali."

"Ini urusan kesalahpahaman, itu pasti urusan komunikasi, kalau diajak ngomong saya punya keyakinan (untuk akur). Di cabang olahraga lain kita sudah berhasil seperti itu," imbuhnya.

Kabar yang beredar, Kevin Sanjaya sudah tidak berlatih di bawah arahan Herry IP sejak tampil di Japan Open pada awal September.

Sementara rekan main Kevin yaitu Marcus Fernaldi Gideon masih tetap menjalankan program latihan bersama Herry IP di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI di Cipayung, Jakarta.

Kevin Sanjaya tetap berlatih di Pelatnas Cipayung. Hanya saja, dia memisahkan diri dengan skuad ganda putra yang diasuh oleh sosok pelatih berjuluk Naga Api itu.

Kevin tetap berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon meski keduanya berlatih secara terpisah. 

#rivaisport #bulutangkis #badminton

Dikutip: viva.co.id

Presiden Bulu Tangkis Ukraina Layangkan Protes Terbuka Kepada BWF

27 September 2022 Presiden Bulu Tangkis Ukraina Layangkan Protes Terbuka Kepada BWF

Perang negaranya dan Rusia kian panas, protes terbuka dilayangkan Presiden Bulu Tangkis Ukraina, Oleksi Dniprov, pada BWF, Badminton Europe, dan dunia. Ada Apa?

Sekadar diketahui. sejak Kamis (24/02/22), perang Rusia-Ukraina masih memanas hingga saat ini. Tak hanya korban berjatuhan, konflik kedua negara pecahan Uni Soviet itu mempengaruhi berbagai aspek.

Sejak itu, bidang olahraga telah mengambil sikap dari invasi tersebut, termasuk Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan Badminton Europe yang melarang pemain Rusia dan Belarusia untuk bertanding internasional.

Sanksi itu berlaku dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Kini usai enam bulan berlalu, di saat perang yang belum mereda, ada kabar bahwa atlet Rusia-Belarusia sudah boleh bertanding internasional.

Seperti dilansir dari agen berita Rusia, TASS, di mana pebulutangkis ganda putri Rusia, Anastasia Akchurina, bakal bertanding di turnamen antarklub di Prancis musim ini.

Peraih perunggu ganda putri di Kejuaraan Eropa 2017 itu bermain untuk Aix Universite Club di Prancis, yang juga dipenggawai pebulutangkis keturunan Indonesia-Belgia, Lianne Tan.

“Selain saya, Victoria Vorobyeva, Ivan Sozonov, dan Olga Morozova akan bermain di Liga Prancis musim ini,” katanya kepada agen berita Rusia, TASS.

Kondisi itu sepertinya disinyalir menjadi salah satu alasan yang memantik Presiden Bulu Tangkis Ukraina, Oleksii Dniprov, untuk melayangkan surat terbuka kepada BWF, Badminton Europe, dan dunia.

#rivaisport #bulutangkis #badminton

Dikutip: indosport

Herry IP Jawab Isu Keretakan dengan Kevin Sanjaya

26 September 2022 Herry IP Jawab Isu Keretakan dengan Kevin Sanjaya

Pelatih Kepala Ganda Putra Herry Iman Pierngadi angkat bicara terkait hubungannya dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo yang kini dikabarkan tak lagi harmonis.

Kevin dikabarkan mengalami persoalan dengan Herry IP. Juara All England 2017 dan 2018 itu disebut tak mau lagi dilatih oleh pelatih yang dijuluki Naga Api tersebut.

Herry membenarkan soal kondisi hubungan keduanya. Namun, ia tak bisa menjelaskan alasannya lantaran sang atlet yang sejatinya tak mau lagi dilatih olehnya.

"Kevinnya yang enggak mau (dilatih lagi oleh saya). Saya enggak tahu. Saya sebagai pelatih, bagi saya, ya aneh saja. Tapi ditanya kenapa? saya juga bingung, tanya Kevin saja," kata Herry saat dihubungi pewarta, Senin (26/9/2022).

"Terakhir komunikasi waktu di Indonesia Open. Saya dikasih tahu Aryono (Miranat, asisten pelatih ganda putra), Kevin tidak mau latihan lagi," lanjutnya.

"Katanya sudah enggak cocok berlatih dengan saya. Ya sudah, kalau merasa enggak cocok, enggak usah latihan lagi. Kemarin sudah ngomong sama Sinyo (Marcus Fernaldi Gideon). 'Nyo, ajak aja Kevin mau latihan, latihan saja, saya enggak ada masalah, yang masalah dia (Kevin). Dianya (Kevin) enggak mau. Akhirnya, Sinyo yang latihan sama kita."

Lebih jauh, Herry mengatakan, bila keretakan hubungan itu sudah terjadi sejak Indonesia Open pada Juni lalu.

Herry bahkan juga sempat menjemput bola dengan menghubungi si atlet lewat pesan Whatsapp. Alih-alih dapat penjelasan, pesan yang dikirimkan Herry saat akhir Juni tak sekalipun dibalas, bahkan hingga kini.

"Kalau tak salah saat Singapore Open atau Malaysia Open. Saya tanya, kenapa tak mau dilatih saya, masalahnya apa? Tapi enggak dibalas. Enggak di-read juga, mungkin nomor saya sudah di-delete, saya enggak tahu," kata Herry.

"Saya juga tak terlalu mikirin, anak saya juga masih banyak. Masih banyak yang membutuhkan saya, pemain-pemain Pelatnas. Intinya buat saya tak ada masalah. Saya baik-baik saja, saya happy-happy saja," ujarnya.

"Ya nilai sendiri. Saya no comment. Kan orang yang menilai. Saya sebagai pelatih, orang tua, enggak mau bermasalah. Sudah itu saja," tutupnya.

#kevinsanjayasukamuljo #heriip

Dikutip: detikspor