Kevin Sanjaya Harus Belajar dari Lin Dan, Konflik dengan Pelatih Dibayar Emas Olimpiade

2 October 2022 Kevin Sanjaya Harus Belajar dari Lin Dan, Konflik dengan Pelatih Dibayar Emas Olimpiade

Konflik antara atlet dan pelatih bukanlah kasus pertama. Sebelum Kevin Sanjaya, ada sosok Lin Dan yang juga pernah berseteru dengan pelatih, Ji Xinpeng, pada 2008.

Dilansir dari situs chinadaily.com.cn, Lin Dan diketahui melakukan pemukulan terhadap Ji Xinpeng di kamp pelatihan tim bulutangkis China, di provinsi Fujian pada 2008.

Lin Dan yang saat itu berstatus sebagai pebulutangkis tunggal nomor satu di dunia, nekat meninju Ji Xinpeng sebab keluhannya terhadap sang pelatih malah tidak digubris.

Melihat tingkah laku dari anak didiknya tersebut, peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 itu pun merespons dengan kalimat, "Siapa yang kamu teriaki saat ini?"

Mendengar perkataan Ji Xinpeng, Lin Dan juga membalasnya dengan kalimat yang tak kalah panas, karena tak mampu menahan emosinya, Lin Dan memukul pelatihnya.

Ketika ingin melakukan serangan kedua, Lin Dan dihentikan, sementara Ji Xinpeng tidak melakukan pembalasan apa pun setelah mendapat pukulan keras dari anak didiknya.

Pasca kejadian tersebut, situasi mendadak memanas dan banyak pihak yang meminta Lin Dan untuk dicoret dari tim bulutangkis China yang akan berlaga di Olimpiade.

Usai pemberitaan yang tidak ada habisnya, Lin Dan akhirnya muncul di konferensi pers dan mengungkapkan permohonan maafnya atas peristiwa yang membuat geger dunia.

"Saya telah minta maaf, tetapi saya tidak pernah memukul siapapun," ujar Lin Dan, dikutip dari laman Southern Metropolis.

Namun siapa sangka, pasca peristiwa yang menggegerkan dunia itu, Lin Dan sukses menyabet medali emas pertamanya di Olimpiade Beijing 2008, di usia 25 tahun.

Saat ini, Kevin Sanjaya sudah berusia 27 tahun, dan belum satu kali pun menyabet medali emas Olimpiade. Apakah konflik ini akan menjadi titik balik perjalanan karirnya?

Apakah Kevin Sanjaya yang berpasangan dengan Marcus Gideon, mampu menyabet medali emas di Olimpiade Paris 2024, atau justru mereka akan berpisah dalam waktu dekat?

#bulutangkis #badminton #rivaispor #kevinsanjayasukamuljo #heriip #marcusgideonfernaldi #lindan

Dikutip: indosport