Fajar/Rian Kini di Peringkat ke-2 Dunia!

20 December 2022 Fajar/Rian Kini di Peringkat ke-2 Dunia!

Federasi Bulutangkis Dunia/Badminton World Federation (BWF) kembali memperbaharui daftar ranking para atlet bulutangkis dunia. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menembus ranking dua dunia untuk kali pertama.

Menukil laman BWF pekan ke-51 per tanggal 20 Desember 2022, perubahan besar terjadi di sektor ganda putra. Enam pasang yang masuk dalam top ten ganda putra dunia mengalami perubahan posisi.

Pada pekan ini, Fajar/Rian naik satu tingkat dari sebelumnya berada di posisi ketiga. Dengan koleksi 88.655 poin, Fajri, sapaan Fajar/Rian kini berada di ranking kedua dunia, sekaligus menggeser rekannya di Pelatnas PBSI, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kevin/Marcus turun enam tingkat dan kini berada di posisi kedelapan BWF. Kedudukan mereka dilewati Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) yang kini berada di peringkat ketiga. Kemudian Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berada tepat di bawah Aaron/Soh dengan koleksi 81.425 poin.

Tak hanya itu, Minions juga dilewati posisinya oleh ganda putra India Satwiksairaj Rankiredddy/Chirag Shetty dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia). Masing-masing berada di peringkat kelima dan ketujuh dunia.

Dari sektor tunggal putra, peningkatan dialami Jonatan Christie yang kini menduduki posisi keempat. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting tak mengalami perubahan. Ia tetap di ranking enam, kendati di BWF World Tour Finals ia keluar sebagai runner up.

Pada sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung yang menunjukkan progresnya dalam setiap turnamen, turut memengaruhi perolehan ranking pada pekan ini.

Dia naik satu tingkat ke posisi 15 dunia dengan koleksi 52.911 poin. Hal serupa dialami ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari.

Ranking meningkat dari semula ranking 13 dunia, kini menempati posisi kesebelas dengan 56.270 poin.

Berbeda dengan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, mereka bertahan di peringkat ke-12.

Sedangkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi naik empat tingkat dan membuat mereka naik ke ranking 19 dunia.

#rivaisport #bulutangkis #badminton #rianardianto #fajaralfian

Dikutip : detiksport.com